ABOUT FEP

*General Orientation (GO)

GO merupakan sebuah program dari Binus University untuk memperkenalkan calon mahasiswa baru (CaMaBa) tentang aturan – aturan yang berlaku di Binus, fasilitas – fasilitas yang dimiliki , memperkenalkan sistem – sistem pembelajaran di Binus, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu , GO  juga mengajarkan calon mahasiswa baru (CaMaBa) dalam membangun kerjasama yang baik, sosialisasi antar kakak kelas ( angkatan diatas CaMaBa) dan calon mahasiswa baru lainnya, dan masih banyak lagi yang mungkin bisa diambil dari GO yang sudah dilaksanakan. Setelah calon mahasiswa baru ini mencapai hari terakhir GO, biasanya akan dilakukan acara spesial seperti menunjukkan yel – yel jurusan kelas masing – masing . Setelah acara GO itu berakhir, calon mahasiswa baru ini akan diajak oleh kakak BC (Buddy Coordinator) untuk pergi ke Expo yang memamerkan banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa diikuti oleh Camaba. Setelah GO selesai, CaMaBa akan melanjutkan kegiatannya , yaitu kegiatan Inagurasi (Jadwal inagurasi diberitahukan saat GO).

*Inagurasi

Jika setelah FEP selesai, pastinya kalian yang CaMaBa di Binus University ini akan mendapatkan suatu perayaan peresmian CaMaBa menjadi Mahasiswa resmi Binus University, baik yang ada di Alam Sutera (Alsut), Kemanggisan, Bekasi, dan lain sebagainya. Di acara Inagurasi ini, CaMaBa akan mendapatkan berbagai macam acara spesial yang diadakan oleh berbagai macam UKM di Binus. Pada Acara Inagurasi Binus angkatan 2020 ini, CaMaBa dikumpulkan di JCC. Bersamaan dengan dirayakannya ulang tahun Binus ke 35 ini, acara untuk Inagurasi 2020 ini, dimeriahkan semeriah mungkin. Setelah Inagurasi ini selesai, CaMaBa yang sudah resmi menjadi  mahasiswa Binus University ini akan memasuki Masa “Academic Orientation” yang ditujukan untuk memberikan simulasi belajar di Binus University supaya tidak kaget/shock.

*Academy Orientation

Pada Masa Academy Orientation atau AO ini, kalian akan masuk kedalam kelas jurusan masing – masing . AO ini sebetulnya ditujukan untuk memperkenalkan kalian bagaimana kalian akan belajar pada perkuliahan yang sebenarnya nanti. Dalam AO ini, kalian juga diajarkan untuk aktif mengecek BiMay (Binus Maya) supaya kalian terbiasa up to date dalam mengecek tugas – tugas kalian, teman – teman sekelas kalian, dosen yang akan mengajar kalian, dan lain sebagainya. Dalam AO ini, kalian akan di tes per jurusan di hari terakhir AO , biasanya bahan tes ini berasal dari apa yang sudah dosen kalian ajarkan. Itulah sekedar informasi AO Binus yang sudah saya alami.

*HTTP
Apa sih HTTP? HTTP itu merupakan suatu acara yang diadakan oleh HimTI untuk welcome party MaBa(Mahasiswa Baru) IT Binus yang baru saja masuk ke Binus. HTTP juga mengadakan Sesi – sesi dimana mereka mengajarkan MaBa IT sedikit tentang bahasa pemograman. HTTP juga mengadakan suatu acara supaya MaBa IT tidak terlalu panas kepalanya(mungkin sebagian tidak). HTTP bukan merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti pada saat FEP, jadi kalian bebas mau mengikutinya atau tidak. Jika kalian ingin lebih mengetahui soal HTTP, bisa tanya langsung dengan para aktivis HimTI di Binus University.

*UKM
Soal UKM, Saya sebagai penulis blog ini hanya memilih UKM NC atau disebut Nippon Club. Di Club ini, kalian bisa melakukan banyak hal , seperti belajar menggambar, bermain board game bersama, belajar bahasa jepang , cosplay bareng, dan masih banyak lagi. Mendengar kata NC saja, kalian pasti sudah dapat menebak bahwa NC merupakan suatu UKM dimana pecinta anime bergabung menjadi 1 kesatuan. Kalau kalian ingin tau lebih lanjut soal NC, bisa ditanyakan disaat expo sedang merekrut anggota baru.

Leave a Reply